Artboard 3.jpg
black.png

Dengarkan ini menggunakan earphone untuk menemani perjalananmu

Sampailah kita di akhir perjalanan yang menyenangkan!

black.png

terimakasih atas pesannya!

Artboard 3.jpg
black.png

terimakasih atas pesannya!

black.png

Jangan lupa untuk post di instastory, tag kami @arsitekturhijau sebagai tanda kamu telah menjelajah dan tag tiga temanmu untuk ikut serta menjelajah Mamasa! Sampai bertemu di lain kesempatan!

 

-Salam Arsitektur Hijau

Sebelum Berpisah

Setelah menjelajahi Mamasa, apakah kamu semakin tertarik untuk mengenal arsitektur vernakular yang ada di Indonesia ?

Terima kasih sudah menjawab

MAMASA MAMASE_32.jpg
Haffizh.png

Hafizh, Ketua Ekspedisi Mamasa

Sebuah keberuntungan bagi saya dan 22 ekspeditor lainnya dapat melakukan ekspedisi ke Desa Balla Tumuka, Mamasa. Saat menginjakkan kaki pertama kali di Desa Balla Tumuka saya dibuat kagum dengan eksistensi bangunan tradisionalnya yang masih berdiri megah di tengah modernisasi ini. Dominasi material bangunan yg digunakan masih banyak memanfaatkan ketersediaan alamnya. Saya mendapatkan banyak pembelajaran dan pengalaman selama ekspedisi berlangsung, baik dari sisi arsitektur, budaya, maupun kehidupan sosialnya. Ekspedisi ini mengajarkan saya akan kekayan dan keunikan arsitektur Nusantara yang patut untuk didokumentasikan. Semoga ekspedisi Mamasa ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk mencintai & mendokumentasikan arsitektur vernakular-tradisional di Nusantara.

-Laras, Pemimpin Redaksi Buku "Mamasa: Ekspedisi Lima Banua"

Ketua Studi Mandiri Mamasa Ekspedisi Lima Banua
Ketua Arsitektur Hijau 2017 - 2018

Hanya mendatangi salah satu dari sekian banyak tempat di Indonesia. Hanya menemui sebagian dari seluruh masyarakat yang berada di sana. Apa yang kami tulis dan bagikan juga tentu tidak dapat mewakili seluruh cerita kami di sana, apalagi mewakili cerita mereka yang memang hidup dan tumbuh di sana. Tetapi semoga setiap pertemuan dan hal-hal yang tersampaikan benar-benar menjadi sesuatu nantinya. Terima kasih banyak untuk seluruh masyarakat Mamasa, untuk orang-orang yang kami temui di perjalanan, dan segala pihak yang terlibat dan mendukung pembelajaran kami di sana. Panjang umur hal-hal baik. Aamiin.

- Radhian, Ketua Arsitektur Hijau 2017 - 2018

Tim Ekspedisi Mamasa 2018
 


Zahra Salsabila
 


Devin Khan
 


Auliana Khasana
 


Stella Felicia
 


Ilya Saptarini
 


Ametha Safa
 


Hanifa Sabila
 


Farid Wastu Adi
 


Stefan Antonio
 


Gabriela Anggittia
 


Rizky Prathama
 


Indira Rahma
 


Amirah Dwila
 


M. Hafizh Arrasyid
 


Tamara Bonita
 


Laras Salsabila Fairuz
 


Vincentius Edwin S.
 


Raepingkan Ludwina
 


Reza Indrastata
 


Nadira Anandisya
 


Radhian Dwiadhyasa
 


Paramesthi Vlidyantari
 


Pegagan Kantaprawira
 

Sampai jumpa di perjalanan lainnya

Terima kasih telah berkunjung ke Mamasa

Menuju Webinar 

Mamasa Lima Banua

Perjalanan Mengenal Indonesia : Arsitektur Mamasa

oleh Arsitektur Hijau x OMAH Library

Petualangan kita dalam Mamasa: Ekspedisi Lima Banua terwujud karena uluran tangan banyak orang. Terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat, juga untuk seluruh anggota Arsitektur Hijau yang ikut dalam proses persiapan ekshibisi virtual ini, terutama kepada para ekspeditor Mamasa yang sudah mempercayakan data ekspedisi untuk kami olah bersama menjadi sebuah pengalaman yang dapat dirasakan oleh orang banyak saat ini. Tidak lupa, terimakasih dan salam hangat untuk teman-teman yang sudah menyapa Mamasa walaupun dari rumah masing-masing. Semoga dengan mengenal Mamasa sebagai satu dari begitu banyak kekayaan arsitektur nusantara, kita menjadi lebih peduli terhadap kampung-kampung vernakular lainnya di seluruh Indonesia. Mari bersama kita jaga keberadaannya, demi ilmu dan masyarakat.
- Athaya, Ketua Ekshibisi Mamasa

Konsep ekshibisi virtual "Mamasa: Ekspedisi Lima Banua" ini merupakan hasil dari pemikiran kolektif, oleh karena itu saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk seluruh pihak yang membantu menyempurnakan konsep karya ini; terutama teman-teman, para senior Arsitektur Hijau, dan bapak ibu dosen. Semoga di masa pandemi ini kita semua dapat terus berinovasi. Tetap jaga kesehatan ya semua :) semoga semua sehat-sehat dan berbahagia, Terima Kasih.

- Farhan, Ketua Arsitektur Hijau 2020

Panitia

Kartala Rajani

Gana Pramusesa

Media Partner

gif-perjalanan-5.gif

Apa yang ingin kamu lakukan selanjutnya?