Dengarkan ini menggunakan earphone untuk menemani perjalananmu

Butuh kurang lebih 16 jam perjalanan dari Kota Bandung untuk sampai ke Desa Balla Tumuka. Kita harus menyusuri awan, hutan, dan sawah, serta melewati bebatuan dan jalanan curam yang akhirnya membawa kita  kepada Mamasa.

yellow.png

Sedikit ke timur Indonesia maka akan bertemu dengan Mamasa, sebuah kabupaten dari Provinsi Sulawesi Barat, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Polewali Mamasa (POLMAS) berdasarkan UU No. 11 tahun 2002, saat era reformasi Indonesia. 

Terbagi menjadi beberapa desa, salah satu yang menjadi objek pendatan Tim Ekspedisi Arsitektur Hijau adalah Desa Balla Tumuka, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa.

Lokasi

 

Meniti Waktu

Nama Mamasa berasal dari julukan Lembang Mamase, yang berarti lembah atau tanah yang penuh kasih, yang diberikan oleh seorang nenek bernama Dettumanan, atas tanah yang selalu memberinya hasil buruan. Moyangnya bernama Pongka Padang, merupakan keturunan dari Pa’doran dan Embatau yang juga merupakan keturunan dari Tandayanlangi’ dan Kombongdibura’ua. 

 

Mamasa terbagi menjadi beberapa desa, salah satunya adalah Desa Balla Tumuka, yang sebelumnya bernama Desa Balla Peu yang berasal dari kata “Ballai” yang berarti dilalap api dan “Peu” yang memiliki arti tanaman atau tumbuhan. Penamaannya didasari dari karakteristik wilayahnya yang dulunya merupakan hutan belantara, yang kemudian dibakar untuk membuka lahan permukiman. Juga menggambarkan mayoritas masyarakatnya yang bermata pencaharian sebagai petani.

Peta Desa Balla Tumuka

black.png

Sebelum berjalan lebih jauh, mari berkenalan

 

MAMASA EkspedisiLima Banua

Mamasa Lima Banua